Pengembangan Kota Industri Karawang Berkelas Dunia

Pengembangan Kota Industri Karawang Berkelas DuniaSejak beberapa tahun yang lalu, pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan kawasan industri di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah kota industri Karawang yang akan didukung dengan berbagai infrastruktur yang strategis. Pengembangan Karawang New Industry City bisa jadi tolak ukur kota industri berkelas dunia tersebut!

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Saat ini, salah satu penggerak kota industri di Karawang adalah Karawang New Industry City atau KNIC yang juga merupakan bantuan andil pemerintah. Kawasan industri ini ditengarai memegang peranan yang cukup strategis dalam mendorong pertumbuhan industri di wilayah tersebut.

Tentu saja, tujuan keberadaa dari Karawang New Industry City ini untuk mendapat keuntungan guna bisa memacu pertumbuhan ekonomi regional. Itu sudah terbukti dengan masuknya banyak PDB di Indonesia yang mencapai 12,5 miliar dolar AS saat ini untuk seluruh wilayah Indonesia yang sebagainnya ada di wilayah Karawang.

Selain itu, keberadaan Karawang New Industry City ini juga menjadi bagian dari pengembangan kota yang terintegritas dengan taraf dunia sehingga mampu memancing investor asing ke dalamnya. Keberadaan dari Karawang new Industry City ini diharapkan bisa berkontribusi dan menciptakan multiplier effect yang bermanfaat.

Saat ini, setidaknya ada lima taman industri yang menjadi integrasi dari KNIC. Mereka adalah Material Kontruksi, Otomotif, Eletrronik, Logistik dan UKM serta Inovasi. Semua ini bisa mendorong pengembangan kawasan industri dan meminimalisir pemutusan hubungan kerja dan meningkatkan daya saing dri industri tersebut agar sejajar dengan negara lain.

Motor Penggerak

Karawang New Industtry City saat ini merupakan satu motor penggerak untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik. Melalui pembangunan industri yang menyebar dan merata ke seluruh Indonesia melalui tempat tinggal untuk para pekerja. Keberadaannya jelas akan mendukung masuknya investor global ke Indonesia.

Masuknya para investor asing inilah yang menjadi tujuan dari keberadaan kawasan ini. Diharapkan, dengan keberadaan mereka Indonesia bisa bersaing di bidang ekonomi yang berkelanjutan secara global serta bisa menciptakan lapangan kerja.

Saat ini, kawasan Karawang New Industry City ini memiliki 25 kawasan industri yang menggunakan lahan seluas 12.500 hektar. Banyaknya kawasan industri yang dibangun inilah yang menjadi tolak ukur minat berinvestasi di Indonesia terlebih dengan didukung berbagai fasilitas dan infrastruktur terbaik.

Sampai saat ini, Karawang menjadi salah satu tempat paling diminati oleh para investor karena alasan tersebut. Bahkan, menurut data setidaknya pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapatkan nilai kontribusi 18 triliun rupiah dari hasil ini. Tentunya ini sangat menjanjikan untuk ekonomi Karawang serta Indonesia, kan?

Adanya Karawang New Industry City adalah tonggak kemajuan perekonomian Indonesia. Kota industri Karawang menjadi tempat terbaik untuk para pelaku bisnis guna mengembangkan bisnisnya karena didukung dengan fasilitas dan infrastruktur yang terbaik dari pemerintah pusat. Tujuannya tentu untuk kemajuan perekonomian Indonesia akhirnya.