Mari Mengenal Kebudayaan Betawi Dengan Berwisata Ke Setu Babakan

Mari Mengenal Kebudayaan Betawi Dengan Berwisata Ke Setu BabakanPhoto: indonesiakaya.com

Apa rencana anda untuk mengisi waktu weekend besok? Jika belum ada rencana, bagaimana jika sesekali anda berwisata ke kampung Betawi yang bernama Setu Babakan. Dengan mencari tiket pesawat online Indonesia anda dan keluarga bisa langsung terbang menuju Jakarta, terlebih saat ini banyak tiket pesawat promo ke Jakarta.

Setu Babakan merupakan sebuah wilayah yang difungsikan sebagai pusat perkampungan Betawi, bisa dibilang area ini memang dibuat khusus sebagai tempat untuk melestarikan warisan budaya Jakarta, yaitu budaya Betawi. Nama dari Setu Babakan sendiri sebenarnya adalah nama dari sebuah danau buatan yang memiliki luas area sekitar 32 hektar, yang berada di kawasan pusat perkampungan Betawi tersebut. Danau yang airnya berasal dari Sungai Ciliwung ini, dimanfaatkan sebagai tempat memancing dan objek wisata sepeda air bagi warga sekitar.

Dengan luas areal 289 hektar, perkampungan Betawi ini seakan menjadi minatur dari pemukiman Betawi asli yang sudah semakin tenggelam oleh hingar bingar gemerlapnya kota Jakarta. Tercatat sekitar 3.000 kepala keluarga yang sebagian besar adalah penduduk asli Betawi bermukim di kawasan ini, dan selain tinggal perkampungan Setu Babakan, Jakarta Selatan para penduduk asli Betawi juga banyak bermukim di perkampungan Betawi yang berada di kawasan Condet, Jakarta Timur.

Dengan komitmen penuh, pemerintah DKI Jakarta terus mengembangkan dan menjadikan Setu Babakan sebagai pusat dan obyek wisata budaya, yang bertujuan untuk mengembangkan, mempertahankan dan melestarikan budaya Betawi. Hal itu terlihat dengan kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat setempat dengan bersama-sama, membuat reka ulang model pemukiman Betawi lengkap dengan segala atribut budayanya. Antara lain, merenovasi rumah-rumah tradisional milik warga, mendirikan sanggar-sanggar seni dan tari, mendirikan pusat informasi budaya, membangun panggung terbuka, dan sebagaianya. Selain untuk tujuan pelestarian dan pengembangan budaya Betawi, Setu Babakan juga dijadikan kawasan wisata.

Suasana kebudayaan Betawi, begitu kental terasa, sesaat anda memasuki pintu gerbang perkampungan Betawi ini. Anda akan disambut dengan sebuah gapura yang berdiri kokoh dengan arsitektur khas Betawi. Setelah masuk ke dalam kawasan ini, para wisatawan yang berkunjung, akan disuguhi oleh panorama alam terbuka berupa pepohonan rindang yang memberikan suasana sejuk dan tenang ketika memasukinya. Di kanan dan kiri jalan utama, para pengunjung akan melihat rumah-rumah panggung berarsitektur khas Betawi yang masih dipertahankan keasliannya.

Selain itu, terdapat pula pekarangan yang dihiasi oleh tanaman dan buah-buahan, seperti belimbing, rambutan, buni, jambu, dukuh, menteng, gandaria, mengkudu, nam-nam, kecapi, durian, jengkol, kemuning, krendang dan masih banyak lagi. Adapun sebagian besar penduduk yang tinggal di kawasan ini adalah orang asli Betawi yang sudah turun temurun tinggal di daerah tersebut, dan sebagian kecil lainnya adalah para pendatang dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan dan daerah lainnya. Meskipun pendantang, rata-rata mereka sudah bermukim di kawasan ini selama lebih dari 30 tahun.

Sebagai salah satu kawasan wisata, Setu Babakan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara, terlebih pada hari-hari libur. Disini sering ditampilkan berbagai hiburan khas Betawi, seperti tari cokek, tari topeng, kasidah, marawis, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong, dan tidak ketinggalan, boneka ondel-ondel yang menjadi salah satu ciri khas budaya Betawi.

Fasilatas pendukung di tempat ini pun cukup lengkap, seperti adanya sanggar seni dan tari, pusat informasi budaya, panggung terbuka, yang semakin mendukung suasan budaya Betawi yang kental. Soal kuliner, anda bisa mencoba masakan khas Betawi yang banyak tersedia di warung-warung yang banyak tersebar di sekitar kawasan ini, mulai dari warung yang menjajakan ketoprak, gado-gado, ketupat nyiksa, kerak telor, ketupat sayur, laksa, arum manis, soto betawi, mie ayam, soto mie, roti buaya, bir pletok, nasi uduk, kue apem, toge goreng, atau tahu gejrot. Semuanya lezat dengan harga yang ramah di kantong.

Dan yang tak kalah menarik, budaya Betawi juga terkenal dengan seni pertunjukkannya, di tempat ini anda bisa melihat pertunjukan tari cokek, tari topeng, kasidah, marawis, seni gambus, lenong, tanjidor, gambang kromong, dan ondel-ondel, semua pertunjukan seni budaya Betawi ini dapat Anda saksikan di Setu Babakan setiap hari Sabtu-Minggu. Jadi, Anda tidak harus menunggu acara ulang tahun kota Jakarta untuk menyaksikan pertunjukan budaya asli seni Betawi ini, dan jika beruntung, Anda juga dapat menyaksikan prosesi acara adat yang masih menjadi tradisi Betawi seperti upacara pernikahan, sunat, akikah, khatam Al-Qur‘an, nujuh bulan dan latihan bela diri khas Betawi yang bernama Beksi.

Sangat menarik bukan? Selain untuk menikmati suasana berlibur, wisata di Setu Babakan juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda dan keluarga untuk lebih mengenal keunikan dan keberagaman suku di Indonesia. Untuk itulah, jadikan Setu Babakan sebagai daftar tempat wisata wajib dikunjungi jika sedang berlibur di Ibukota Jakarta. Beli tiket pesawat online Indonesia dan ajak keluarga juga anak Anda menuju ibu kota Jakarta. Dan kenalan mereka dengan kekayaan budaya bangsa Indonesia, agar kelak mereka dapat melestarikan dan mengenalkan kekayaan budaya ini seperti yang sedang dilakukan oleh masyarakat kampung Betawi Setu Babakan.

Alamat: Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dari terminal pasar minggu, dapat menggunakan Kopaja No. 616 jurusan Blok M – Cimpedak dan turun di depan gapura Setu Babakan.

Bagi anda yang berdomisili di luar pulau Jawa, anda bisa mencari promo tiket pesawat online Indonesia dan lakukan pemesanan tiket pesawat promo ke Jakarta melalui situs booking online Reservasi.com. Selamat berlibur!