Macam-Macam Flash Kamera

Flash Kamera atau Lampu Kilat sudah menjadi perlengkapan penting kamera. Fungsinya adalah sebagai pemberi cahaya tambahan dalam pemotretan ketika berada di tempat yang pencahayaannya kurang. Selain menjadi pemberi cahaya tambahan, Flash Kamera ini dapat digunakan sebagai penambah nilai ‘seni’ atas foto yang diabadikan di kamera.

Kali ini saya akan membahas beberapa jenis Flash Kamera yang biasanya dipakai dalam dunia fotografi serta sesuai dengan fungsinya beserta informasi Harga Flash Kamera yang bisa jadi referensi Anda untuk membelinya sebagai perlengkapan fotografi Anda. Apa saja sih? Yuk liat macam-macam Flash Kamera disini.

Manual Flash

Jenis Flash Kamera yang satu ini merupakan lampu kilat yang sangat sederhana dibandingkan dengan lampu kilat yang lainnya. Dengan bergantung pada kekuatan baterai dalam elektro kondensator, jenis Flash Kamera ini akan mengeluarkan seluruh cahaya lewat flashtube yang ada di kamera. Kekurangan dari jeni Flash Kamera ini adalah penggunaannya kembali akan membutuhkan waktu yang agak lama. Cahaya dari lampu kilat manual ini diatur oleh diafragma lensa sebab tidak adanya pengatur intensitas cahaya/kilatan dari dalam (internal). Flash Kamera manual hanyalah menyertakan tombol ON/OFF serta lampu indicator juga hanya memiliki satu kontak listrik dalam telapak hotshoe sendiri. Kisaran harga Manual Flash ini dimulai dari harga 500ribuan, tergantung jenis yang Anda inginkan.

Jenis-Jenis Flash Atau Lampu Kilat

Lampu Studio

Lampu Kilat yang kali ini akan dibahas pastinya sudah sering ditemui dalam studio foto yang biasanya, bukan? Lampu Kilat yang satu ini mempunyai tenaga yang besar sebabnya tidak dipasang bersamaan dengan kamera yang dipakai, namun di gantung pada tiang tertentu atau biasanya disebut dengan ‘stand’. Kelebihan dari Lampu Kilat Studi ini adalah adanya kecepatan tinggi untuk memotret dengan beruntun atau terus-menerus. Ada dua jenis dibagi lagi dalam Lampu Studio, yaitu jenis Powerpack dan Monobloc. Powerpack berukuran agak kecil dari Monobloc sebab menggunakan baterai yang bentuknya semacam aki untuk dayanya tersebut. Sedangkan Monobloc dipakai secara individu dan kekuatannya sendiri berasal langsung dari colokan listrik. Kisaran harga Lampu Studio ini dimulai dari harga 750ribuan, tergantung jenis yang Anda inginkan.

Flash Jenis Built-In

Salah satu jenis Lampu Kilat yang ada di dalam sebuah kamera ini merupakan perlengkapan rata-rata yang memang dimiliki oleh setiap kamera digital. Biasanya Flash Kamera ini dipakai untuk kebutuhan dalam ruangan yang kekurangan cahaya atau gelap ketika mengabadikan foto di malam hari. Hasil pencahayaan dari Flash Kamera Built-In selalu datar atau flast dan memang dengan tidak adanya pengaturan pada Lampu Kilat ini sehingga tidak dapat diarahkan sesuai keinginan sendiri, juga mempercepat habisnya baterai adalah salah satu kekurangan jenis Flash Kamera Built-In. Lebih baik jangan menggunakan Flash Built-In ketika dipakai saat men-zoom sebuah objek, sebab akan muncul bayangan hitam dibawah pada hasil foto nantinya. Flash Built-In memang sudah dimiliki di semua kamera digital yang ada, jadi tidak dijual terpisah tentunya.

Nah, itu saja informasi Macam-Macam Flash Kamera yang mungkin bisa bermanfaat untuk pada fotografer awam yang ingin belajar banyak tentang aksesoris yang melengkapi kamera kesayangan Anda sekalian serta mengetahui informasi Harga Flash Kamera yang bisa jdi referensi Anda ketika ingin membelinya. Gunakan Flash Kamera sesuai dengan keperluan sehingga menghasilkan foto yang bagus dan artistik. Selamat menikmati hobimu.