Macam Alergi dan Pemicunya Pada Anak yang Harus Anda Ketahui

Macam Alergi dan Pemicunya Pada Anak yang Harus Anda KetahuiAlergi adalah sebuah keadaan dimana sistem kekebalan tubuh alias imun dalam tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap sebuah zat ataupun benda tertentu. Perlu Anda ketahui bahwa alergi ini tidak hanya menyerang pada orang dewasa ataupun bayi saja tetapi pada anak-anak pun juga terjadi. Biasanya alergi yang terjadi pada anak-anak ini akan hilang saat dewasa walaupun pada beberapa anak, alergi ini sering terbawa hingga dewasa. Tentunya berbagai gelaja yang ditimbulkan dari macam-macam alergi ini berbeda-beda. Maka dari itulah  Anda harus mengetahui semau macam alergi dan pemicunya pada anak Anda sekaligus gelaja yang ditimbulkan agar Anda bisa mengobati alergi tersebut sesegera mungkin. Hal ini juga bertujuan agar tidak berlanjut pada hal yang lebih merugikan anak Anda maupun Anda  semakin besar lagi.

 Terdapat beberapa macam alergi dan pemicunya pada anak beserta dengan gejalanya yang harus Anda ketahui yang mana juga sering menyerang anak Anda. Dengan mengetahui semua infomasi tersebut, Anda dijamin akan sangatlah diuntungkan. Berikut ini adalah beberapa macam alergi pada anak Anda beserta pemicu dan gelajanya:

  1. Alergi Debu

Macam dari alergi yang pertama adalah alergi debu yang mana juga sangatlah umum terjadi pada anak Anda. Pemicunya sudah pasti adalah debu yang didalamnya terdapat banyak sekali bakteri serta virus berbahaya yang bisa menyerang anak Anda kapanpun. Maka dari itulah bila anak Anda terkena alergi debu, pastikan Anda membersihkan rumah beserta perabit yang ada di rumah Anda dengan bersih terutama karpet dan tempat tidur anak Anda. Pada saat diluar rumah yang berpotensi banyak debu, silahkan Anda memakaikan masker pada anak Anda. Gelaja yang biasanya ditimbulkan oleh karena alergi debu ini adalah batuk, hidung berair, bersin dan masih banyak lagi.

  1. Alergi Makanan

Beberapa makanan yang biasa menyebabkan alergi pada anak Anda ini adalah kacang-kacangan, telur, ikan, kerang dan masih banyak lagi. Gelaja yang ditimbulkan akibat dari alergi makanan ini antara lain muntah, gatal-gatal, eksim, sesak nafas, sakit perut, bahkan hingga kematian bila memang sudah sangatlah parah. Maka dari itulah perhatikan dengan baik makanan yang hendak Anda berikan kepada anak Anda ini. Bila memang sudah terdapat berbagai gelaja di atas lebih baik Anda tidak memberikan lagi makanan tersebut atau langsung bawa kepada dokter untuk penanganan yang lebih lanjut lagi.

  1. Alergi Hewan Peliharaan

Macam alergi dan pemicunya berikutnya pada anak Anda adalah alergi hewan peliharaan.  Alergi ini sering terjadi pada anak Anda bila Anda memelihara hewan seperti anjing atau kucing  ataupun hewan berbulu lainya pada rumah Anda. Bulu hewan peliharaan inilah yang membuat alergi pada anak Anda. Gelaja yang ditimbulkan pada alergi hewan peliharaan ini adalah gelaja asma atau gangguan pada saluran penafasan yang Anda punyai.

  1. Alergi Akibat Sengatan Serangga

Perlu Anda ketahui sebagai orang tua bahwa pada beberapa anak, sengatan serangga bisa menimbulkan alergi. Bukan hanya bengkak, kemerahan atau gatal saja yang ditimbulkan pada anak Anda ini, tetapi sengatan serangga pada anak yang alergi pada hal tersebut bisa memicu reaksi parah yang bernama anafillaksis. Anafillaksis ini merupakan keadaan yang mengancam keselamatan anak Anda. Gelaja yang ditimbulkan dari hal tersebut adalah sesak nafas, hilangnya kesadaran dari anak Anda, mual, muntah serta pembengkakan pada saruan pernafasan dari anak Anda.

  1. Alergi Obat

Terdapat beberapa obat yang mampu menjadi pemicu dari alergi obat pada anak Anda. Beberapa obat tersebut umumnya merupakan obat yang bertujuan untuk mengobati infeksi pada anak Anda. Maka dari itulah, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar bisa menghindari ataupun mengobati alergi obat ini yang mana berbahaya bagi anak Anda.

  1. Alergi Bahan Kimia

Anaka Anda juga bisa mengalami alergi yang disebabkan oleh bahan kimia. Bahan kimia yang dimaksud ini merupakan bahan kimia yang terkandung pada pewangi, parfum ataupun deterjen yang Anda gunakan. Gelaja yang ditimbulkan adalah ruam pada kulit anak ataupun gatal-gatal. Tak jarang, pewarna, cairan pembersih hingga pestisida yang Anda gunakan untuk menyiram halaman ataupun tanaman yang Anda punyai bisa memicu dampak alergi pada anak Anda.

Demikianlah itu tadi merupakan infomasi mengenai macam alergi dan pemicunya pada anak yang harus Anda ketahui beserta dengan gelaja yang ditimbulkan. Pastikan Anda harus mengetahui semua infomasi penting di atas ini sebelum Anda menyesal nantinya. Anda juga harus bertindak cepat ketika Anda mengetahui bahwa anak Anda mengalami gelaja ataupun sudah positif terkena alergi agar bisa cepat mengobati ataupun mengatasinya. Bila memang Anda merasa anak Anda ini sudah mengalami dampak dan gelaja yang parah, silahkan segera hubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut.