Ciri-Ciri Kontraksi Asli Jelang Persalinan yang Perlu Diperhatikan

Ciri-Ciri Kontraksi Asli Jelang Persalinan yang Perlu Diperhatikan

Bagi Anda yang baru saja hamil untuk yang pertama kalinya tentunya akan merasa bingung menenagai apa saja ciri ciri kontraksi asli menjelang persalinan. Agar tidak cemas dan bingung, menjelang proses persalinan, Anda perlu tahu apa saja ciri kontraksi asli yang perlu diperhatikan. Nah berikut merupakan beberapa ciri kontraksi asli jelang persalinan yang perlu diperhatikan.

Peningkatan Kontraksi Palsu

Kontraksi palsu biasanya mulai terjadi sejak usia kandungan menginjak 24 minggu. Biasanya Anda akan merasa perut mengeras kemudian rileks lagi. Pada umumnya kontraksi yang satu ini tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti. Biasanya ibu hamil akan merasakan kontraksi yang satu ini saat lelah, kaki terasa pegal, dan dehidrasi.

Namun menjelang proses persalinan, kontraksi palsu ini akan semakin meningkat. Menjelang proses persalinan, Anda akan merasakan janin semakin bergerak ke bawah dan bersiap-siap untuk keluar. Hal ini akan terlihat ketika janin berada di bawah tulang rusuk Anda selama beberapa minggu terakhir.

Mual Saat Hamil Tua Hingga Diare

Apakah Anda pernah berpikir bahwa mual hanya terjadi pada awal masa kehamilan saja? Ternyata anggapan yang satu ini tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa ibu hamil yang juga mengalami mual ketika mendekati proses persalinan. Bahkan lebih parahnya, hal ini juga disertai dengan diare. Pasalnya menjelang proses persalinan semua otot ibu hamil sudah mulai melonggar.

Keluar Lendir

Lendir pada bagian leher rahim bermanfaat untuk melindungi janin dari berbagai bakteri. Namun ketika otot ibu hamil sudah mulai melonggar, hal ini akan memicu lendir tersebut menjadi keluar. Biasanya lendir yang keluar berwarna kecokelatan atau bahkan berwarna merah segar seperti darah. Hal ini biasanya terjadi terjadi beberapa hari sebelum proses persalinan.

Serviks Melebar

Pada masa kehamilan tua, tentunya Anda akan lebih sering berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter atau bidan akan memeriksa bagian serviks Anda apakah sudah melebar dan membuka atau belum. Pasalnya serviks ibu hamil bisa saja melebar hingga 2 cm tanpa disertai dengan ciri-ciri kontraksi dan ketika serviks sudah melebar sebesar 4 cm artinya masa persalinan sudah dekat.

Ketuban Pecah

Ada kemungkinan besar bahwa selaput Anda akan pecah dengan semburan atau bahkan tetesan air ketuban yang pecah meskipun biasanya hal ini juga terjadi jauh sebelum proses persalinan, namun Anda juga perlu berhati-hati dan berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan. Pasalnya dalam beberapa kasus, terkadang hal yang satu ini dapat membahayakan bagi sebagian ibu hamil.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri kontraksi asli menjelang proses persalinan yang perlu Anda perhatikan. Dengan demikian maka Anda dapat lebih berhati-hati ketika sudah menginjak masa kehamilan tua. Apabila Anda sudah mengalami beberapa ciri-ciri di atas, maka Anda perlu waspada. Sebab hal tersebut dapat menjadi gejala dan tanda proses persalinan Anda semakin dekat.